About these ads
Inject Tri AON

Faktor yang Membuat Koneksi Internet Lemot

Pernahkah sobat jengkel dengan koneksi internet yang lemot bak siput kesleo? Tahukah kenapa koneksi internet yang kadang diklaim menjadi yang tercepat bisa mengalami penurunan kualitas kecepatan? Nah, agar sobat tidak terus menggerutu karenanya, berikut beberapa hal yang harus sobat pahami seputar faktor yang membuat koneksi internet lemot.

Sebenarnya banyak sekali faktor yang membuat koneksi internet lemot, baik internal dari kita sendiri sebagai pengguna maupun dari pihak penyedia layanan. Sering kita mencampuradukkan kondisi tersebut dan menghujat pihak penyedia layanan tanpa memahami dulu penyebabnya. Nah, agar sobat lebih bijaksana dalam menilai, carilah dulu sumber penyebabnya.

Faktor yang Membuat Koneksi Internet Lemot

Dari sebuah pemberitahuan tentang syarat dan ketentuan koneksi internet yang diberikan salah satu operator seluler di Indonesia, saya mengambil beberapa penyebab atau faktor umum yang membuat koneksi internet menjadi lemot. Secara rinci, berikut beberapa penyebabnya:

Ketersediaan jaringan

Ketersediaan jaringan disini yang dimaksud adalah adanya jaringan operator seluler yang bersangkutan. Jika sobat menggunakan kartu A untuk koneksi internet, pastikan jaringan sinyal di daerah sobat bagus kualitasnya, alias tidak timbul tenggelam.

Faktor topografi

Yang dimaksud faktor topografi adalah kondisi geografis daerah dimana sobat tinggal, apakah bergunung-gunung, berbukit-bukit, atau datar yang menyebabkan tangkapan sinyal terhalang atau tidak mulus mendarat ke perangkat yang sobat gunakan.

Kepadatan penduduk

Kepadatan penduduk erat kaitannya dengan perbandingan jumlah pengguna internet di daerah sobat. Semakin padata atau banyak pengguna, maka semakin lemot pula koneksi internet yang akan sobat nikmati. Hal ini sering terjadi di wilayah perkotaan.

Ketebalan dinding bangunan

Dinding bangunan merupakan salah satu jenis penghalang sinyal. Tangkapan sinyal dibalik dinding akan lemah dan membuat tangkapan tidak maksimal sehingga koneksi juga lemah. Hal ini dapat dibuktikan ketika sobat berada di dalam komplek gedung atau basement.

Jenis perangkat telekomunikasi yang digunakan

Jenis perangkat tentu berhubungan erat dengan kecepatan koneksi internet yang dapat sobat nikmati. Gadget dengan kemampuan menangkap jaringan 3G tentu akan lebih bagus kualitasnya dalam memberikan kecepatan koneksi internet dibanding yang hanya menangkap jaringan 2G.

Waktu pemakaian/penggunaan Layanan 

Terkait dengan waktu penggunaan, ada beberapa periode waktu yang mana pengguna internet menumpuk alias secara bersama-sama mengakses internet sehingga membuat koneksi seakan lebih lambat dari siput yang berlari. Waktu pagi hari sebelum berangkat kerja, waktu istirahat, serta malam sehabis maghrib adalah waktu-waktu dimana pengguna internet membludak.

Jumlah pengguna Layanan 

Jika diluncurkan suatu paket internet yang murah, tentu banyak pembeli. Nah, karena jumlah penggunanya semakin banyak, kecepatan koneksi pun akan turun. Hal ini dapat dibuktikan pada paket-paket internet yang dijual murah, lama kelamaan kecepatannya akan turun.

Kedekatan pelanggan terhadap lokasi BTS/antena terdekat 

Posisi sobat dengan BTS atau Antena pemancar sinyal seluler sangat menentukan kualitas koneksi. Semakin jauh dengan BTS, kulaitas tangkapan sinyal semakin jelek sehingga kecepatan koneksi pun juga semakin menurun. Jika perlu, gunakan antena external agar kualitas sinyal dapat ditingkatkan.

Itulah sekilas tentang faktor yang membuat koneksi internet lemot. Jadi, usahakan sobat berada di tempat ideal, menggunakan perangkat yang terupdate, serta paket internet yang belum banyak saingannya untuk mendapatkan kecepatan koneksi internet yang super. Semoga bermanfaat. Salam.

About these ads

ADD YOUR COMMENT